Langsung ke konten utama

Bisakah Karyawan Kaya?

Bagi saya artikel ini merupakan artikel yang cukup menarik,

Mengenai passion bekerja, mengenai pilihan bekerja sebagai karyawan, 

Yang ditulis oleh motivator Jamil Azzaini, berikut artikelnya :
Di sela-sela kesibukan saya memberikan training di berbagai perusahaan, Sabtu dan Ahad kemarin saya sempatkan memberikan seminar untuk masyarakat umum. Sabtu di Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Ahad saya berbagi di Klaten, Jawa Tengah.
Selain menjalankan hobi saya yaitu memberikan training, saya juga ingin menguji dan mengasah kualitas ilmu yang saya dalami. Apakah ilmu itu hanya compatible di perusahaan atau bisa diserap masyarkat luas. Alhamdulillah, 300 peserta lebih di masing-masing tempat menikmati materi yang saya sajikan.
Dari diskusi dengan para peserta, saya menemukan bahwa sebagian besar peserta ternyata ingin menjadi pengusaha. Alasannya sederhana, menjadi karyawan susah kaya. Benarkah menjadi karyawan susah kaya? Jawaban saya, TIDAK. Menjadi karyawan bisa kaya dengan cara yang benar asal tahu ilmunya.
Sebelumnya perlu saya sampaikan, khususnya bagi Anda yang sangat silau dengan pengusaha. Ketahuilah, boleh jadi penghasilan para pengusaha tinggi tetapi penghasilan itu habis untuk operasional perusahaan dan membayar hutang. Sebagian diantara mereka sebenarnya tidak kaya.
Mereka mungkin mempunyai perusahaan dimana-mana, tetapi juga hutangnya berjibun dan tersebar ke segala penjuru mata angin. Boleh jadi hutangnya lebih banyak dibandingkan total kekayaanya. Sebagian diantara mereka sebenarnya tidak kaya. Tidur pun tidak nyenyak karena mimpinya pun dikejar-kejar debt collector.
Kaya, tidaklah identik dengan tingginya penghasilan dan banyaknya perusahaan yang dimiliki. Kaya ditentukan sejauh mana Anda memiliki aset-aset produktif yang jauh melebihi total hutang Anda. Selain itu, saat Anda memerlukan sesuatu, Anda memiliki dana yang cukup untuk memenuhinya.
Jadi, menjadi pengusaha tidak menjadi jaminan bahwa Anda bisa kaya. Karyawan pun bisa kaya dengan cara-cara yang tidak melanggar etika dan agama. Apabila Anda karyawan dan ingin kaya, bersegeralah menjadi seorang expert di pekerjaan yang Anda tekuni. Keahlian Anda diasah melebihi keahlian yang dimiliki oleh kebanyakan orang. Percayalah, menjadi expert di pekerjaan Anda, menjadikan Anda mendapat bayaran yang menggiurkan.
Jangan lupa, gaji yang Anda peroleh gunakanlah untuk membeli aset-aset produktif yang bisa menghasilkan. Sahabat saya di Bank BNI, karena rajin menyisihkan gajinya untuk membeli kos-kosan, menjelang usia pensiunnya sudah memiliki 147 pintu yang bisa dikontrakkan. Dengan rata-rata 2 juta rupiah per pintu, ia bisa menghasilkan 300 juta rupiah setiap bulan. Belum lagi harga tanah yang selalu naik setiap tahunnya. Berlebih untuk bekal pensiun…
Saya memiliki banyak sahabat yang masih menjadi karyawan. Mereka banyak yang lebih kaya dibandingkan beberapa sahabat saya yang menjadi pengusaha. Menjadi karyawan bisa menjadi kaya walau mungkin tidak sampai menjadi kelompok yang kaya raya.

Bila passion Anda sebagai karyawan maka nikmatilah pekerjaan Anda, tanpa harus merasa iri dengan para pengusaha. Karyawan pun bisa kaya, percayalah…


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumah disewakan Bandar Lampung. Update: Sudah disewakan s.d 30 June 2023

Cluster eksklusif di tengah kota Bandar Lampung Spesifikasi: - Rumah baru renovasi, bersih, aman dan nyaman - LT 328 M, LB 140 M - 3 Kamar Tidur - 3 Kamar Mandi - 1 Kamar pembantu/gudang - Garasi tertutup + carport - Ruang santai belakang + Taman - Listrik 2200 watt, Sumur Bor - 10 Menit ke Chandra Pusat dan Transmart - 5 Menit ke McD, Hokben, Pizza Hut Antasari Harga Sewa: Rp35.000.000/Tahun Alamat lokasi: Perumahan Gunung Madu, Morotai, Jalan Manunggal C12, Kedamaian, Bandar Lampung                                                      

Souvenir Khas Indonesia

Produk-produk ini berasal dari Desa Wisata Krebet, Bantul, Yogyakarta. Sangat cocok untuk dijadikan souvenir pernikahan, hadiah, atau pajangan dirumah :) Kalender Balok Harga : 22.500/unit   Kalender Balok Hewan Harga : 20.000/unit Pisau Surat Harga : 10.000/unit Gelang Batik Kayu Harga : 7.500/Unit Frame Batik Kayu 1  Harga : 27.500/Unit   Frame Batik Kayu 2 Harga : 30.000/Unit Frame Wayang Batik Kayu Harga : 35.000/Unit Tatakan Gelas 1 Harga : 55.000/set Tatakan Gelas 2 Harga : 55.000/set   Hiasan Dinding Batik Kayu Harga : 165.000   Tempat serbaguna (sendok, alat tulis atau lainnya) Harga : 45.000 Tempat Handphone Harga : 45.000 Kotak Tisue Harga : 85.000 Tempat Air Gelas Mineral Harga : 100.000 Gantungan Kunci  Harga : 6.000/Unit

Rumah disewakan Bandar Lampung. Update: sudah disewakan s.d 28 Februari 2022

Cluster di tengah Kota Bandar Lampung Spesifikasi: - Rumah cukup baru, bersih, aman, dan nyaman  - LT 105 M2, LB 63 M2 - 3 Kamar tidur - 1 Kamar mandi - Carport Mobil - Listrik 1.300 watt - 5 Menit ke Unila - 10 menit ke Mall Boemi Kedaton Lokasi: Perumahan Pondok Kemala No. BB12, Jalan Raden Gunawan, Bandar Lampung Google Maps: https://www.google.com/maps?q=-5.3610667,105.219164&z=17&hl=en Harga Sewa: Rp20.000.000/Tahun Notes:   Jika mau survey lokasi janjian terlebih dahulu. Disewakan tanpa menggunakan furniture. Harga bisa nego (tanpa perantara). Minat Hub: 082220038632