Langsung ke konten utama

Belajar Berbisnis Bagi Pemula

Flashback sedikit ke pertengahan Juni 2015
Ketika itu saya akan mendapatkan penempatkan kerja setelah mengikuti serangkaian training kurang lebih selama satu tahun (Alhamdulilah, bulan Mei 2014 saya wisuda dan bulan Juni 2014 saya langsung diterima bekerja😊).

Waktu itu, kami sekluarga berharap sekali saya dapat ditempatkan di Lampung (tempat saya lahir dan dibesarkan) ataupun Yogyakarta (tempat saya menimba ilmu selama 4 tahun).

Ntahlah...waktu itu saya lebih takut ditempatkan di ibukota dibandingkan kota-kota lainnya (padahal bisa saja saya ditempatkan di pulau Kalimantan, Sulawesi, atau lainnya).

Namun takdir Alloh berkata lain, saya ditempatkan di Kantor Pusat yang berarti di Jakarta.

“Bisa jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan bisa jadi kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.”(QS. Al Baqarah: 216)

Namun, semakin kesini saya semakin berfikir, luar biasa nikmat yang Alloh berikan kepada saya.
Bersyukur sekali karena dibalik yang Alloh tetapkan, ada nikmat yang jauh lebih besar yang Alloh berikan, yaitu:

1. Tidak seseram seperti yang dibayangkan
Dalam benak saya, saya akan terjebak dalam kemacetan ketika akan berangkat/pulang bekerja. Ternyata sama sekali tidak, saya mendapat kos sekitaran daerah Thamrin (Jakarta Pusat) dan perjalanan kekantor  hanya 10-15 menit dengan berjalan kaki (Alhamdulilah tiap bulannya saya tidak perlu memikirkan uang kos yang cukup besar karena kantor mengganti full)

2. Bisa sering berkumpul bersama keluarga.
Terkadang dalam sebulan bisa 2x pulang. Senang sekali karena mulai tgl 26 Januari 2017, Garuda Indonesia membuka rute baru setiap harinya jam 06.05 pagi dari Bandar Lampung - Jakarta, dan harganya hanya sekitar Rp255 ribu one way (harga yang sama jika menggunakan Damri Royal).
Jika saya ditempatkan di Yogyakarta/ kota lainnya mungkin setahun sekali saya baru bisa pulang.

3. Belajar berbisnis.
Jika saya tidak ditempatkan di Jakarta mungkin saya tidak akan belajar berbisnis. Alhamdulilah, ketika pulang ke Lampung saya bisa membawa barang dagangan. Ibaratnya sekali dayuh 2 pulau terlewati😃

Hari sabtu/minggu pagi s.d.siang belanja dan foto-foto tas di pasar tanah abang (bahkan pernah di hari jumat siang disela-sela istirahat kantor, saya berbelanja karena banyaknya orderan dari reseller😄, Alhamdulilah) lalu sore hari kirim via damri (gambir). Cepat sampai dan sangat murah mengirimkan via damri, 1 tas nya hanya saya kenakan ongkir Rp5.000 s.d Rp7.500 (tergantung berat tasnya). Jika kebetulan saya pulang, saya bawa sekalian tas-tasnya.


Dari pengalaman berbisnis tsb, ada beberapa hal yg membuat bisnis bagi pemula dapat berhasil, menjual lebih cepat dan lebih banyak, yaitu:
1. Tentukan target konsumen
2. Tidak produksi sendiri & tidak perlu menyewa toko
3. Survey pasar untuk cari harga yg terbaik
4. Jual kepada para reseller
5. Memiliki pencatatan keuangan yg baik

Saya mendapatkan pelajaran baru, dalam berbisnis kita gak perlu jago dalam semua hal. Mungkin, saya bukan tipe yg jago memasarkan barang langsung kepada end user, tapi saya mempunyai partner bisnis/reseller yg jago memasarkan barang.

Ternyata jika sudah ketemu jalan berbisnis itu mengasyikan dan bikin nagih
Alhamdulilah walaupun hanya dijalankan diwaktu weekend namun pendapatannya sangat lumayan

Semoga rezeki yg kita dapat selalu mendapatkan keberkahan dimata Alloh SWT, Aamiin Ya Rabbal'aalamiin😊

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumah disewakan Bandar Lampung. Update: Sudah disewakan s.d 30 June 2023

Cluster eksklusif di tengah kota Bandar Lampung Spesifikasi: - Rumah baru renovasi, bersih, aman dan nyaman - LT 328 M, LB 140 M - 3 Kamar Tidur - 3 Kamar Mandi - 1 Kamar pembantu/gudang - Garasi tertutup + carport - Ruang santai belakang + Taman - Listrik 2200 watt, Sumur Bor - 10 Menit ke Chandra Pusat dan Transmart - 5 Menit ke McD, Hokben, Pizza Hut Antasari Harga Sewa: Rp35.000.000/Tahun Alamat lokasi: Perumahan Gunung Madu, Morotai, Jalan Manunggal C12, Kedamaian, Bandar Lampung                                                      

Souvenir Khas Indonesia

Produk-produk ini berasal dari Desa Wisata Krebet, Bantul, Yogyakarta. Sangat cocok untuk dijadikan souvenir pernikahan, hadiah, atau pajangan dirumah :) Kalender Balok Harga : 22.500/unit   Kalender Balok Hewan Harga : 20.000/unit Pisau Surat Harga : 10.000/unit Gelang Batik Kayu Harga : 7.500/Unit Frame Batik Kayu 1  Harga : 27.500/Unit   Frame Batik Kayu 2 Harga : 30.000/Unit Frame Wayang Batik Kayu Harga : 35.000/Unit Tatakan Gelas 1 Harga : 55.000/set Tatakan Gelas 2 Harga : 55.000/set   Hiasan Dinding Batik Kayu Harga : 165.000   Tempat serbaguna (sendok, alat tulis atau lainnya) Harga : 45.000 Tempat Handphone Harga : 45.000 Kotak Tisue Harga : 85.000 Tempat Air Gelas Mineral Harga : 100.000 Gantungan Kunci  Harga : 6.000/Unit

Rumah disewakan Bandar Lampung. Update: sudah disewakan s.d 28 Februari 2022

Cluster di tengah Kota Bandar Lampung Spesifikasi: - Rumah cukup baru, bersih, aman, dan nyaman  - LT 105 M2, LB 63 M2 - 3 Kamar tidur - 1 Kamar mandi - Carport Mobil - Listrik 1.300 watt - 5 Menit ke Unila - 10 menit ke Mall Boemi Kedaton Lokasi: Perumahan Pondok Kemala No. BB12, Jalan Raden Gunawan, Bandar Lampung Google Maps: https://www.google.com/maps?q=-5.3610667,105.219164&z=17&hl=en Harga Sewa: Rp20.000.000/Tahun Notes:   Jika mau survey lokasi janjian terlebih dahulu. Disewakan tanpa menggunakan furniture. Harga bisa nego (tanpa perantara). Minat Hub: 082220038632